Menjelajah Waktu di Ullen Sentalu

399 views

Budaya dan juga keindahan alam adalah 2 hal yang paling utama yang ditawarkan oleh sebagian besar dari tempat Wisata Jogja. Untuk anda yang ingin menikmati keduanya, wisata di Museum Ullen Sentalu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Museum Ullen Sentalu Jogja

Lokasi Wisata Ullen Sentalu

Ullen Sentalu lokasinya ada di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Untuk anda yang ingin menikmati waktu di sana anda mungkin perlu mempersiapkan uang sekitar RP 15.000 hingga Rp 30.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 hingga p 50.000 untuk wisatawan luar negeri.

Tempat wisata ini bisa anda kunjungi dari hari selasa hingga hari Minggu mulai dari jam 08.30 hingga jam 16.00 hari selasa hingga Jumat dan jam 08.30 hingga 17.00 WIB di hari Sabtu dan Minggu.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bersama rombongan, lebih baik Anda menggunakan layanan Sewa Bus di Jogja, karena akan sangat menghemat biaya dan juga lebih mudah koordinasinya.

Daya Tarik Ullen Sentalu

Daya tarik dari tempat Wisata Jogja ini sangat besar. Mengapa? Hal ini disebabkan karena tempat ini memiliki kemasan yang sangat apik sebagai sebuah museum. Ya, Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang sangat indah. Di dalam museum ini ada banyak sekali hal yang dipamerkan mulai dari :

  • Budaya dan kehidupan di masa lalu yaitu masa dinasti Mataram
  • Koleksi batik khas Jogja dan Surakarta
  • Kehidupan dan penampilan pada raja dan permaisuri Majapahit di masa lalu
  • Pakaian yang dikenakan oleh raja dan permaisuri Majapahit di masa lalu
  • Cara membuat batik secara tradisional sekaligus makna dan artinya

Keindahan dari koleksi yang dimiliki oleh museum Ullen Sentalu ini tidak akan lengkap tanpa hadirnya arsitektur khas yang dimilikinya. Ya, arsitektur yang digunakan dalam pembangunan museum Wisata Jogja ini memang sangat indah dan mengingatkan kita dengan masa lalu sampai-sampai rasanya kita kembali ke masa lalu dan melihat sejarah secara langsung.

Asal Nama Ullen Sentalu

Ullen Sentalu merupakan 2 kata yang sangat unik bukan? Kira-kira apa arti dari 2 kata unik ini? Ternyata, kata unik ini adalah kata yang dirangkai dari huruf-huruf yang ada di dalam sebuah filosofi Jawa yaitu Ulating Blencong sejatine Tataning lumaku. Filosofi ini memiliki arti berupa nyala lampu minyak merupakan petunjuk dalam hidup manusia dalam langkah kehidupannya.

Keindahan dari nama, bangunan dan juga isi dari museum Ullen Sentalu ini tidak lepas dari campur tangan orang yang ada di balik layar pembuatan museum ini. Beliau adalah salah satu anggota dari keluarga bangsawan yaitu keluarga Haryono. Keluarga ini merupakan salah satu keluarga bangsawan yang memiliki hubungan kedekatan dengan keraton Surakarta dan juga Yogyakarta. Hal inilah yang mendorong beliau untuk membangun tempat Wisata Jogja ini.

Arsitektur Bangunan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat indah dan menarik bahkan jika dilihat dari arsitektur bangunannya. Dari luar, keindahan dari museum Ullen Sentalu ini sudah sangat nampak dengan sentuhan arsitektur Eropa zaman pertengahan yang dipadu dengan gaya arsitektur Jawa membuat bangunan ini terlihat sangat kontemporer. Apalagi dengan hiasan berupa tumbuhan dan pahatan membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Selain bangunannya, lokasi dari tempat Wisata Jogja yang berada di sekitar kawasan pegunungan ini menyebabkan tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat indah dan memiliki suasana yang sangat nyaman.

Tour Di dalam museum

Setelah anda membayar tiket masuk, anda mungkin akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan pengalaman masuk ke museum lainnya. Hal ini disebabkan karena dalam museum ini tour akan dilakukan dengan cara berkelompok di mana pengunjung akan dipandu oleh tour guide. Jangan khawatir di tempat Wisata Jogja ini tour guide termasuk dalam salah satu fasilitas yang gratis.

Ruang-ruang di Museum Ullen Sentalu

Berikut ini adalah beberapa ruang yang akan anda temukan di museum Ullen Sentalu :

  • Ruang Selamat Datang yang merupakan Ruang Tamu.
  • Ruang Seni dan Gamelan
  • Ruang Guwo Selo Giri merupakan ruang untuk memamerkan lukisan tokoh kunci dari 4 dinasti Kerajaan Mataram.
  • Kampung Kambang yang merupakan bangunan yang berdiri di atas air yang digunakan untuk memamerkan koleksi seni
  • Ruang Sasana Sekar Buwana

Dan bagian terakhir dari Wisata Jogja ini adalah Koridor Letja Randa.

Tags: #Ullen Sentalu #Yogyakarta