Keuntungan, Denda dan Cara Bayar BPJS Kesehatan

16 views

Terdapat berbagai cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah kesehatan. Mereka melakukan berbagai cara untuk memastikan agar berbagai kalangan masyarakat bisa mendapat layanan jaminan kesehatan. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah pengadaan BPJS Kesehatan dengan cara bayar BPJS Kesehatan. Banyak keuntungan yang di dapat jika mengikuti program ini, mulai dari bisa memilih kelas dan fasilitas sesuai kemampuan dan biaya iuran nya pun tidak memberatkan. Selain itu juga masih banyak kemudahan yang di dapat.

Keuntungan, Denda dan Cara Bayar BPJS Kesehatan

Layanan BPJS Kesehatan merupakan hal yang wajib diikuti bagi seluruh masyarakat di Indonesia, dan bagi siapa saja yang sudah melakukan pendaftaran dan terdaftar, wajib untuk membayar iuran perbulannya. Pendaftarannya pun bisa dilakukan dimana saja, baik di perusahaan tempat anda bekerja atau bisa juga anda melakukan pendaftaran secara mandiri. Biasanya jika pendaftaran dilakukan di tempat bekerja maka tiap bulan gaji akan dipotong sesuai dengan kelas yang dipilih, dan bagi pendaftar mandiri bisa membayar lewat kantor BPJS, Minimarket, atau tempat lainnya yang menerima pembayaran BPJS. Lalu berapa tarif yang harus dikeluarkan tiap bulannya?.

Tarif Pembayaran BPJS Saat Ini

BPJS Kesehatan telah menetapkan biaya pembayaran yang harus dikeluarkan tiap bulannya bagi peserta kolektif atau mandiri sejak tanggal 16 September 2016. Iuran yang harus dikeluarkan sesuai dengan kelasnya tiap bulan yaitu

Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1

Biaya pembayaran yang harus dikeluarkan tiap bulannya jika anda memiliki status keanggotaan BPJS Kesehatan Kelas 1 adalah Rp. 80.000 dengan fasilitas kamar setara kelas 1 dengan jumlah maksimal 2- 4 orang.

Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2

Biaya pembayaran yang harus dikeluarkan tiap bulannya jika anda memiliki status keanggotaan BPJS Kesehatan Kelas 2 adalah Rp. 51.000 dengan fasilitas kamar setara kelas 2 dengan jumlah maksimal 3 – 5 orang. Tarif pembayaran Kelas 2 naik Rp. 8000 dari penetapan sebelumnya.

Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3

Biaya Pembayaran yang harus dikeluarkan tiap bulannya jika anda memiliki status keanggotaan BPJS Kesehatan Kelas 2 adalah Rp. 25.000 dengan fasilitas kamar setara kelas 3 dengan jumlah maksimal 2 – 6 orang.

Berapa Denda Iuran BPJS Kesehatan?

Meskipun BPJS memberikan banyak sekali kemudahan karena memberikan harga yang sangat terjangkau dibandingkan asuransi lainnya, tetap saja BPJS kesehatan menetapkan denda jika ada penunggakan.

Pihak BPJS Kesehatan akan menonaktifkan status keanggotaan seseorang jika mereka menunggak selama 3 Bulan dan tiap bulan penunggak akan dikenai biaya denda sebanyak 2% tiap bulannya. Namun peraturan ini berubah sejak 1 Juli 2016 lalu, lalu bagaimana penetapan aturan keterlambatan yang baru?.

Status Dinonaktifkan

Status keanggotan akan dinonaktifkan jika anda terlambat membayar biaya iuran BPJS Kesehatan, namun masih bisa diaktifkan jika sudah dilakukan pembayaran. Hanya berlaku selama jangka waktu 1 bulan dan pembayaran hanya dikenakan sebesar biaya tagihan semula dan bisa dibayar dimana saja yang menerima pembayaran BPJS. Namun, jika anggota menunggak pembayaran BPJS Kesehatan selama 1 tahun maka pembayaran hanya bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan.

Denda Jadi 2.5%

Meskipun di aturan ada kenaikan denda sebanyak 0.5% dari aturan yang ditetapkan sebelumnya, namun sebenarnya denda iuran BPJS Kesehatan ini berlaku bagi para anggota yang melakukan rawat inap dan bukan yang melunasi pembayaran. Jika anggota melakukan rawat inap 45 hari setelah kartu BPJS Kesehatannya aktif kembali. Untuk menghindari denda, anda bisa menunggu setelah 45 hari aktif agar tidak mendapatkan denda, namun jika keadaan terdesak, maka lebih baik membayar denda saja dari pada terlambat.

Sanksi Layanan Bersifat Publik

Selain dengan seharusnya membayar denda dan penonaktifan keanggotaan, orang yang BPJS nya tidak aktif bisa saja mendapat sanksi dalam bentuk tidak bisa dilakukannya layanan publik. Contohnya tidak diperbolehkan membuat paspor, sim atau layanan publik lainnya. Karena itulah, usahakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan tiap bulannya sebelum tanggal 10 untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa informasi tentang BPJS Kesehatan, cara bayar BPJS Kesehatan dan denda yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

Tags: #BPJS Kesehatan

Komentar ditutup.

No related post!